Menonton Video Youtube di Situs Drupal 5

drupal YouTube adalah situs berbagi video di web yang sangat terkenal. Jika kita punya sebuah situs berbasiskan drupal dan kita ingin 'embed' atau melekatkan konten video di situs kita sehingga orang-orang bisa melihat video youtube langsung dari situs kita maka apa yang bisa kita lakukan?

Di drupal 5 kita dapat menggunakan beberapa cara untuk melekatkan video dari youtube ke dalam konten kita. Saya temukan artikel tentang itu disini, tidak cukup lengkap tapi mungkin akan berguna.


  1. Lekatkan kode pada node. Ini adalah cara yang paling mudah dan paling fleksibel untuk mengintegrasikan video Youtube ke situs kita. Cukup copy dan paste kode embed yang disediakan oleh masing-masing situs video ke node body. Pastikan input format kita itu 'Full HTML' atau player tidak akan muncul ketika postingan sudah kita simpan.
  2. Modul asset. Modul Asset dapat menghubungkan kita ke account Youtube melalui YouTube API. Dengan ini kita dapat mengakses sejumlah video yang kita upload atau video favorit kita dan lalu kita sisipkan ke postingan langsung dari antarmuka administrasi Drupal.
  3. Modul embedded media field. Embedded media field adalah sebuah modul multi fungsi yang dapat mendukung gambar, video dan audio. Untuk video mendukung Youtube dan beberapa situs-situs video lainnya. Modul ini nantinya akan membolehkan kita membuat sebuah field menggunakan CCK yang akan menerima link ke video Youtube dan secara otomatis merubah link tersebut menjadi video player yang melekat pada node.

Lekatkan kode pada node

Saya gunakan cara ini sejak beberapa bulan lalu dan tidak pernah berhasil. Kemungkinan ada masalah dengan WYSIWYG editor untuk penanganan input format. Tapi bagi yang ingin mencobanya silahkan karena cara ini adalah yang termudah.

Menggunakan modul asset

Saya rasa modul ini bukan yang saya cari sehingga saya tidak mencoba cara ini.

Menggunakan modul embedded media field

Saya gunakan cara ini dan berhasil.

Ikuti langkah-langkah dibawah untuk menginstall dan mengatur modul ini:

1. Download Modul Embedded Media

2. Upload ke direktori hosting kita /public_html/modules/

3. Aktifkan modul ini di situs drupal kita: /administer/site building/modules/

4. Agar modul ini berfungsi atur disini: /administer/content management/content types/

     Pilih tipe konten mana yang akan kita tambahkan field (Blog entry/story/page) dan klik Edit -- Manage Fields -- add field

5. Lalu tambahkan group name (bisa apapun juga misalkan: Video)

6. Setelah kita tambahkan group lalu tambahkan field aktual dengan memilih "add field"

7. Setelah proses ini selesai, coba buat konten baru dan pilih "blog entry" atau tipe konten yang kita tambahkan di field tadi dan nanti kita dapat melihat field baru telah ada disana dengan nama "Video".

8. Copy dan paste kode embedded dari situs youtube.

Tampilkan halaman tes

Reply

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
If you have a Gravatar account, used to display your avatar.
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

This blog uses the CommentLuv Drupal plugin which will try and parse your sites feed and display a link to your last post, please be patient while it tries to find it for you.
CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
4 + 2 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.