Doa Ketika Meminum Air Zamzam

Pertanyaan :

Para ulama yang terhormat, as-salamu `alaykum. Apakah ada doa khusus (permohonan) ketika kita hendak meminum air Zamzam ? Jazakum Allahu Khayran.

Jawaban (Sheikh Ahmad Kutty) :

Wa `alaykum as-salamu wa rahmatullahi wa barakatuh.
Dengan Nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Segala Puji hanya bagi Allah SWT, shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW.


Saudariku, terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Semoga kita bisa melaksanakan rukun Islam yang ke-5 yaitu pergi haji ke Baitullah dan semoga bagi yang sudah melaksanakannya semoga Allah menjadikannya Haji Mabrur.

Bagi orang yang sedang melaksanakan Haji dianjurkan untuk meminum air dari sumur Zamzam setelah ia selesai melaksanakan 7 putaran Tawaf dan melakukan shalat 2 rakat di Maqam Ibrahim. Ketika hendak meminum air Zamzam, seseorang yang sedang melaksanakan Haji atau Umrah dianjurkan membacakan doa/permohonan baik itu doa/harapannya untuk di dunia maupun untuk di kehidupan akhirat kelak.

Atas pertanyaan anda, Sheikh Ahmad Kutty, seorang dosen senior dan ulama Islam scholar di Islamic Institute of Toronto, Ontario, Canada, menyatakan :


Air Zamzam merupakan air yang sangat diberkati; air Zamzam merupakan mukjizat langsung dari Allah, yang  Dia berikan kepada Nabi Ismail AS dan ibunya Siti Hajar dan diteruskan kepada keturunannya. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Merupakan yang paling diberkati (air), memiliki kandungan gizi yang baik maupun sebagai sumber obat bagi yang sakit.” Dia juga bersabda, Air Zamzam itu dapat mengikut kehendak peminumnya. Jika meminumnya ingin minta disembuhkan penyakit, Allah akan menyembuhkan penyakitnya melalui air Zamzam tersebut; jika meminumnya mengharapkan penjagaan Allah, maka Allah akan  menjagamu ….”

Terinpirasi oleh tradisi seperti yang diucapkan Nabi Muhammad SAW, kaum Muslimin awalnya mengucapkan beragam permohonan ketika hendak meminum air Zamzam; salah satu doa yang paling lengkap dan juga ringkas adalah seperti doa berikut ini; telah diriwayatkan oleh sahabat Nabi yaitu Ibn `Abbas RA :

(Allaahumma inni as’aluka `ilman naafi`an wa `amalan mutaqabbalan wa rizqan wasi`an wa shifa’an min kulli da’in)
Ya Allah, Aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, amal perbuatan yang diterima, rezeki yang berlimpah dan disembuhkan dari segala macam penyakit.


Semoga Allah selalu memberikan kita dorongan untuk ingat dan terus berada di jalan-Nya.Amin.


( Sumber : Islamonline)