Seri Tutorial Drupal : Terminologi (Istilah)

drupalBegitu banyak kata-kata dan istilah di Drupal yang perlu kita ketahui. Akan membantu kita dalam mempelajari drupal nantinya.

Blocks
adalah sekotak konten yang menempati bagian tertentu di halaman web. Blocks dapat ditempatkan di berbagai area konten. Block biasanya diaktifkan otomatis oleh modules, namun administrator pun dapat membuat blocks secara manual.

Menus
adalah koleksi dari link-link (item menu) yang digunakan untuk menjelajah sebuah website.

Modules
Module adalah sebuah software (kode) yang memperluas fitur-fitur dan/atau fungsionalitas yang ada pada Drupal. Core modules adalah yang termasuk dalam bagian download utama di Drupal. Contributed (atau "contrib") modules tersedia secara terpisah dan dapat didownload disini. Catatan: Pastikan bahwa versi dari contributed module yang akan kita download sesuai dengan rilis versi Drupal yang kita gunakan.

Node
Hampir sebagian besar konten di Drupal disimpan sebagai sebuah node. Ketika orang-orang menyebut "sebuah node" berarti maksudnya adalah bagian dari konten yang tersimpan di Drupal. Sebuah node bisa jadi adalah poling, cerita, gambar, halaman buku, dll.

Path
Dalam istilah Drupal, path biasanya merujuk kepada url yang memiliki fungsi spesifik atau bagian dari konten. Drupal dapat menjadi "url yang bersih" ketika module path diaktifkan.

Roles
akan membantu untuk memperkuat keamanan dan administrasi website Drupal kita. Sebuah role/aturan akan menentukan kelompok pengguna mana yang dapat memiliki hak istimewa. Secara default (asal), Drupal datang dengan dua roles/aturan pengguna:
Pengguna anonymous: role ini ditujukan bagi pengguna yang tidak memiliki akun di website kita atau tidak dikenal. Pengguna authenticated (terdaftar): role ini secara otomatis diberikan kepada semua pengguna yang login ke website kita.

Taxonomy atau Categories
Modul taxonomy akan membantu kita mengklasifikasi konten ke dalam kategori-kategori dan subkategori; membolehkan kita memilih beberapa kategori untuk klasifikasi dan memberikan kita kemudahan membuat sendiri vocabulary dimana terms atau tags dapat didefinisikan ketika membuat konten.

Teaser 
Kata atau kalimat awal dari sebuah content, biasanya akan diikuti dengan sebuah link dari node yang lengkap.

Theme 
Theme adalah sebuah file atau kumpulan dari file-file (php, theme, css, jpg,
gif, png), yang bersatu dan menentukan bagaimana tampilan suatu situs. Untuk themes dapat didownload disini.

Users
adalah akun yang terdaftar di situs kita.

Views 
Sebuah contributed module yang cukup berguna yang akan memperbolehkan pengembang situs menggunakan antar muka grafis yang cukup sederhana untuk memodifikasi penampilan sebuah konten. Views
memperbolehkan kita memilih fields khusus yang akan ditampilkan, penyaringan terhadap atribut node yang bermacam-macam, memilih berbagai pilihan dari layout dasar (contoh. list, full
nodes,
teasers, dll.) dan fitur-fitur lainnya.

Weight
Weight adalah istilah yang digunakan oleh Drupal untuk mendefinisikan prioritas mana yang lebih diutamakan untuk ditampilkan dari suatu fungsi proses atau sebuah block/node. Sejak Drupal 6, kita cukup drag-and-drop untuk menentukan weight. Catatan: Semakin rendah nilai weight (-10) maka akan semakin tinggi urutan penempatannya dan semakin tinggi nilai weight (+10) maka akan muncul di urutan paling bawah.



Sumber : Drupal Handbooks & Situs Drupal