Mengubah Resolusi Layar pada Ubuntu

Saya menggunakan Ubuntu 7.10 Gutsy dan GeForce dengan Nvidia sebagai chipset kartu grafisnya. Sampai kemarin saya tidak dapat mengubah resolusi komputer saya, resolusi layar defaultnya adalah 1024 x 768 dan itu sudah resolusi yang paling tinggi. Saya terbiasa menggunakan resolusi 1280 x 960 ketika berada di Windows XP. Kemudian salah satu teman saya memberitahukan untuk menggunakan perintah dibawah ini agar dapat meningkatkan resolusi layar saya.

[email protected]:~$ sudo dpkg-reconfigure -phigh xserver-xorg

Password:

xserver-xorg postinst warning:
overwriting possibly-customised configuration file; backup in /etc/X11/xorg.conf.20080604150522

desktop1


Setelah menjalankan perintah tadi maka kita akan dihadapkan pada beberapa pertanyaan.

Tipe chipset kartu grafis apa yang kita gunakan, sebagai contoh disebutkan ATI, Savage, S3, Nvidia. Saya menggunakan Nvidia.

Mode Video apa yang nantinya akan digunakan oleh server X, kita dapat memilih beberapa sesuai keinginan. Kalau saya pilih 1280 x 960.

Jangan lupa untuk merestart GDM sesudahnya (Gnome Desktop Manager)

[email protected]:~$ sudo /etc/init.d/gdm restart

Jika anda mengalami masalah dengan server X (masalah grafis) setelah anda restart GDM maka anda harus mengkonfigurasi ulang lagi. Coba lagi jalankan perintah diatas itu, mungkin saja ada informasi yang tidak benar yang kita berikan terkait pertanyaan chipset kartu grafis atau mungkin saja VGA + layar monitor anda sudah mentok untuk ditingkatkan lagi resolusinya.

Catatan : Yang saya alami adalah saya memiliki masalah dengan windows (minimize, maximize dan close windows) dan tidak dapat membuka terminall, saya coba otak-atik ini :

System - Preferences - Desktop Effects Dont Enable it




layar monitor

W@W@'s picture

Q baru 1st kali pake ubuntu 8.04.1. Pas masuk jendela dekstop layar lgs kluar tulisan "out of range". Ajari gimana caranya ngecilin resolusi tanpa melihat monitor (pake keyboard tok / special key)

Re: layar monitor

Sepengetahuan saya tidak ada special key untuk membenarkan yang seperti itu. Jalan satu-satunya yaitu lewat terminal atau konsol, caranya tekan : Ctrl + Alt + F1 atau Ctrl + Alt + F2 atau Ctrl + Alt + F3. Lalu coba ikuti perintah-perintah yang ada di tulisan di atas. Mudah-mudahan itu bisa merubah setingannya :)

wek aku gak iso

wagh wek aku tak reconfig xserver-e kok gak gelem ya mas? aku pake blankOne

Re: wek aku gak iso

Mestinya sih karena BlankOn itu berbasis Ubuntu perintah2 tersebut diatas bisa berjalan. apa bisa diceritain lebih lengkap spesifikasi komputer, versi blankon yg digunakan dan langkah2 serta eror yg didapatkannya?