Menunda shalat Isya sampai tengah malam

muslim Pertanyaan:

Assalamu 'alaikum,

Apakah benar bahwa lebih utama untuk menunda shalat Isya sampai tengah malam dan Nabi Muhammad Saw. sering melakukan hal itu ? Jika memang begitu, apa saja syarat yang membolehkan untuk melakukan hal itu sehingga menunda shalat Isya itu tidaklah menjadikan kita malas atau enggan untuk beribadah ?

Terima kasih


Jawaban:


Wa `alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Segala puji hanya bagi Allah Swt. dan shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad Saw.


Berdasarkan beberapa hadits tentang menunda shalat Isya tersebut para ulama berbeda pendapat tentang waktu yang terbaik untuk melaksanakan shalat Isya. Imam Abu Hanifah berpendapat waktu sepertiga malam adalah waktu yang terbaik untuk melaksanakan shalat Isya, sedangkan Imam Syafi'i berpendapat bahwa shalat di awal waktu (termasuk shalat Isya) adalah lebih utama. Sehingga kita bisa bilang bahwa jika ada seseorang ingin shalat Isya secara sendirian dengan maksud untuk menunda shalatnya maka bergabung untuk mengikuti shalat berjamaah pada awal waktu akan lebih baik bagi dia. Tapi jika ada sekelompok orang dan mereka ingin melaksanakan shalat Isya secara bersama-sama maka lebih baik untuk menundanya sampai waktu sepertiga malam.

Tentu saja jika dilakukan dengan niat untuk menunda shalat Isya karena ingin mencari waktu yang lebih utama akan berbeda jika dibandingkan menunda shalat Isya karena rasa malas. Allah Swt. Maha Mengetahui apa yang kita niatkan serta kejujuran dan ketulusan sangat diperlukan dalam setiap perbuatan kita.

Sesungguhnya Allah Swt. Maha Mengetahui. 


Sumber: Islamonline.net