Bertanya tentang penafsiran mimpi

The comment you are replying to does not exist.

fiqh1Pertanyaan:

Asalamualaikum. Apakah baik apabila bertanya tentang penafsiran mimpi terutama mimpi yang sedang terjadi. Saya ingin jawabannya dikirimkan via email. JAZAKALLAHUL KHAIRAN

Jawaban:

Wa `alaikum Salam wa Rahmatullahi wa Barakatuh.

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Segala puji hanya bagi Allah Swt. dan shalawat serta salam semoga tercurahkan bagi Nabi Muhammad Saw.

Seseorang boleh saja untuk mencari tahu tentang tafsiran mimpinya jika dia merasa mimpi itu mengandung makna. Telah diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad Saw. bertanya kepada para sahabatnya setelah sholat Subuh, “siapa diantara kalian yang bermimpi tadi malam?” dan lalu beliau menafsirkannya untuk mereka. Kita juga diberitahukan bagaimana semestinya menghadapi mimpi kita.

1. Jika itu mimpi buruk, maka acuhkan saja dan jangan ceritakan kepada orang lain.

2. Jika itu mimpi yang baik maka ceritakanlah kepada orang-orang terdekat.

3. Mimpi bukanlah sebuah sumber 'Undang-undang'; tidak ada keputusan untuk melaksanakan yang bersumber dari mimpi.

Untuk itu jika anda ingin mengetahui tafsiran mimpi yang anda alami maka dekatilah seseorang yang mampu, memiliki ilmu dan alim.

Informasi lebih lanjut tentang penafsiran mimpi, anda bisa membaca tafsir Ibnu Katsir untuk Surat Yusuf.

Allah Swt. Maha Mengetahui mana yang terbaik.


Sumber: Islamonline.net

Tanya Mimpi setelah Sholat Istikharah

Arif's picture

Assalamu'alaikum,
Saya Shalat Istikharah karena sya ingin tahu apakah pacar saya adalah calon Istri yg terbaek utk saya,..
Setelah Shalat Istikharah:

Mimpi Malam ke 1:
Pacar saya ada di dalam mobil bersama beberapa org, dan pacar saya keliatan sibuk skali dgn HP nya...posisi saya diluar mobil itu sedang melihat ke arah Pacar saya..lalu Mobil itu meninggalkan saya..dan benak saya berkata," Kemana Mobil itu pergi?"
Lalu HP saya ditelp seorang laki-laki yg suka pada pacar saya(tetapi dlm kehidupan nyata pacar saya tidak suka dgn org itu)..HP saya layarnya warnanya Merah pada saat ditelp org itu, dan Jelas sekali nama org itu di layar HP saya, tapi karna sy sibuk, HP itu tdk saya angkat. Lalu saya terbangun.

Mimpi Malam ke 2 :
Setelah Shalat Istikharah hari kedua saya mimpi lagi....Saya bermimpi lagi duduk berdampingan dgn seorang perempuan berambut panjang(padahal pacar saya berambut pendek)...pada waktu duduk berdua, wajah perempuan tersebut samar-samar/ tidak keliatan bentuk wajahnya.Lalu saya terbangun.

Mimpi Malam ke 3 :
Shalat Istikharah hari ketiga saya mimpi lagi....
Mimpinya...saya lagi bermain bola pimpong dgn Pacar saya, bermain secara berlawanan, saya sendirian tetapi dia berpasangan dengan seorang pria yg tdk saya kenal...lalu saya terbangun.

Mimpi saya tersebut terjadi beruntun, dari malam ke 1 sampai malam ke 3 setelah saya melakukan Shalat Istikharah..

Jadi, membuat saya bertanya tanya, apakah dngan munculnya Pacar saya dlm mimpi tersebut itu berarti Pacar saya adalah JODOH SAYA??
ataukah Itu gambaran yg akan terjadi apabila saya menikah dengan Pacar Saya??....Mohon Mimpi-Mimpi saya tersebut ditakwilkan...karena keinginan saya menikah dengannya agak ragu karena belum tahu benar apakah ARTI dari MIMPI saya itu...Karna pedoman saya, hanya ALLAH SWT yang MAHA MENGETAHUI-lah yg bnr2 tau siapa yg terbaek utk saya jadikan pasangan Hidup.

Mohon bantuannya...Trima Kasih.

Wassalamu'alaikum

Re: Tanya Mimpi setelah Sholat Istikharah

Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh

Seperti di dalam tulisan di atas, disebutkan

Untuk itu jika anda ingin mengetahui tafsiran mimpi yang anda alami maka dekatilah seseorang yang mampu, memiliki ilmu dan alim.

Saya sendiri bukanlah orang yang memiliki kemampuan untuk menafsirkan mimpi, karena dibutuhkan seseorang yang memiliki ilmu yang cukup luas untuk melakukannya.

Namun sekiranya saya diperkenankan memberikan sedikit bantuan (masukan dari saya ini tidak perlu dijadikan sandaran karena bisa jadi kurang tepat). Saya melihat mimpi yang dialaminya dapat disikapi dengan tetap menjalin hubungan dengan pacarnya yang sekarang. Jalani saja dulu, seandainya memang dia bukan pasangan Anda insyaAllah nantinya akan ada suatu momen dimana Anda berdua akan 'dibelokkan'. Dan jika dia pasangan Anda (berjodoh) maka insyaAllah meskipun banyak rintangan yang menghadang, tetap tidak akan berpengaruh. Wallahu a'lam bish-shawab.

Untuk lebih jelasnya mengenai tafsir mimpi, mungkin Anda bisa menanyakan kepada seseorang (Ustdaz / Kyai) yang memang memiliki kemampuan tersebut.

Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan petunjuk dan menuntun langkah terbaik bagi Anda.